Selasa, 19 Januari 2010

Belanja Aplikasi Ponsel 2010 Capai USD6,2 Miliar

CALIFORNIA - Belanja aplikasi pengguna ponsel pada tahun 2010 ini diperkirakan mencapai USD6,2 juta. Jumlah aplikasi yang diunduh mencapai kisaran delapan miliar.

Hal itu diungkapkan perusahaan analis pasar, Gartner seperti dilansir Softpedia, Selasa (19/1/2010).

Hasil riset Gartner juga menunjukkan, delapan dari sepuluh aplikasi yang diunduh merupakan aplikasi tak berbayar alias free. Lebih jauh Gartner memprediksi, pada tahun 2013, jumlah aplikasi mobile yang diunduh akan meningkat menjadi sekira 2,6 miliar.

"87 persen aplikasi tersebut merupakan aplikasi free pada tahun 2013," ujar Stephanie Baghdassarian, Research Director Gartner.

Stephanie mengatakan, popularitas smartphones berikut toko aplikasi akan menjadi fokus sejumlah pemain, banyak konsumen yang akan merasakan pengalaman baru dalam mengunduh aplikasi.

"Game tetap menduduki posisi teratas untuk aplikasi kemudian aplikasi lain yang akan banyak diunduh adalah mobile shoping, jejaring sosial, dan aplikasi penunjang produktivitas," kata Stephanie.

Untuk diketahui, sepanjang 2009, Gartner mencatat belanja aplikasi pengguna ponsel di dunia mencapai sekira USD4,2 miliar. Jumlah tersebut akan meningkat menjadi USD29,5 miliar di akhir tahun 2013.

"Toko aplikasi akan menjadi fokus inti di tahun 2010 bagi industri ponsel, konsumen akan memiliki banyak pilihan aplikasi, dan bagi pengembang sebaiknya harus berhati-hati dalam mempertimbangkan platform yang akan didukung untuk aplikasi besutannya," ujar peneliti lain Gartner, Carolina.

0 komentar:

Posting Komentar