Senin, 19 April 2010

RIM: Aplikasi Video Adalah 'Pembunuh' Operator



SAN FRANCISCO - Research in Motion (RIM) mengatakan meyakini bahwa layanan video yang akan menjadi 'killer app sesungguhnya yang mendefinisikan smartphone sesungguhnya. Namun justru, itu yang membuat pengembang BlackBerry tersebut khawatir.

Popularitas ponsel cerdas yang kaya fitur seperti BlackBerry, iPhone Apple, dan Motorola Droid telah meningkat cukup tajam, dan semua perangkat tersebut telah menggunakan sebanyak 30 kali lebih banyak bandwidth daripada ponsel biasa untuk menjalankan aplikasi.

Gelombang lalu lintas yang padat, menurut RIM, dipicu oleh video dan aplikasi lain yang telah menyebabkan lebih banyak bandwith dipakai lebih banyak. Aplikasi video menjadi lebih populer, itu menyebabkan 'kemacetan jaringan, dan memaksa operator untuk menghabiskan miliaran untuk meng-upgrade jaringan dan membeli spektrum yang lebih nirkabel.

"Saya masih berpikir bahwa video adalah aplikasi pembunuh sesungguhnya untuk smartphone," kata Co-CEO RIM Mike Lazaridis di sebuah konferensi, seperti diberitakan Reuters, Minggu (18/4/2010).

Lazaridis mengatakan jika suatu saat nanti aplikasi video mobile benar-benar meledak, maka itu akan menjadi tantangan besar untuk jaringan.

"Jika Anda berpikir bahwa 3G saat ini sebagai pengalaman browsing merupakan tantangan untuk jaringan data. Itu salah, Anda bisa bayangkan suatu saat nanti video streaming akan mulai terlihat seperti televisi HD dalam hal resolusi," tambahnya.

Untuk itulah Lazaridis mengatakan meminta para pesaingnya sama-sama berpikir memikirkan masalah tersebut. RIM sendiri akan lebih banyak berinvestasi dalam teknologi yang memberikan efisiensi untuk bandwith, termasuk ketika datang ke video.

Dia mengatakan tahun 2006 RIM telah mengakusisi Slipstream, yang mengkhususkan diri pada percepatan data, kompresi dan optimasi teknologi jaringan.

"Mereka punya teknologi luar biasa untuk mengompresi dari konten web, dokumen, dan video. Jadi, Anda tidak pernah tahu, penelitian yang kami lakukan adalah sangat penting, selalu berbuah dan kami berharap bahwa kita dapat terus memberikan efisiensi nyata ke operator," tandasnya.

0 komentar:

Posting Komentar