Senin, 19 April 2010

XL Buka Jalur Komunikasi di Lereng Gunung Halimun




Kawasan Jawa Barat dan Banten bagian Selatan menyimpan banyak potensi ekonomi baik pariwisata maupun pertanian. Namun, banyak daerah di kawasan itu yang masih minim sarana transportasi dan telekomunikasi. PT XL Axiata Tbk (XL) pun tertantang untuk dapat ikut mendorong pembangunan di daerah itu melalui penyediaan jaringan telekomunikasi handal, antara lain di sekiter lereng Gunung Halimun, perbatasan Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Lebak - Banten.

"XL berhasil meresmikan BTS (Base Transceiver Station) di desa adat Kasepuhan Ciptagelar, tidak jauh dari Taman Nasional (TN) Gunung Halimun. BTS ini merupakan BTS XL ke-20.000 yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan warga sekitar atas jaringan telekomunikasi, termasuk internet, untuk berbagai keperluan termasuk konservasi lingkungan dan adat," ujar Direktur Network XL Dian Siswarini, dalam keterangan resminya, Senin (19/4/2010).

BTS XL yang terletak di puncak sebuah bukit tidak jauh dari perkampungan Ciptagelar ini akan mampu melayani hingga sekitar 1.200 pelanggan dalam radius 3 km. Kasepuhan Ciptagelar merupakan desa adat yang hingga kini berhasil mempertahankan adat istiadatnya, meski tidak menutup diri dari peradaban dan kemajuan teknologi. Kasepuhan ini sendiri meliputi wilayah yang secara geografis dan administratif masuk baik Kabupaten Sukabumi maupun Kabupaten Lebak.

Berbarengan dengan peresmian infrastruktur jaringan tersebut, XL juga menyerahkan donasi pendidikan berupa komputer dan koneksi internet bagi sekolah adat yang dikelola secara swadaya oleh warga Ciptagelar. Sekolah ini memiliki kurikulum pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan adat. Sekolah ini mengajarkan berbagai hal yang disesuaikan dengan norma dan nilai adat setempat. Donasi ini merupakan bagian dari Program XL Komputer untuk Sekolah (KuS).

Mengingat medan yang cukup berat untuk mencapai Ciptagelar dan tidak memungkinkan hanya menggunakan kendaraan biasa, rangkaian kegiatan XL kali ini didukung pula oleh komunitas penggemar offroad. Bersama komunitas ini, XL juga mendonasikan 1.000 bibit pohon Suren dan Manglid untuk ditanam di sekitar BTS.

Layanan XL hadir di Sukabumi sejak 2001. Didukung dengan 115 BTS, XL melayani sekitar 400 ribu pelanggan di 380 desa, 52 kecamatan di seluruh Sukabumi. Sementara itu, dengan berdirinya BTS baru ini yang secara geografis berlokasi di wilayah Lebak, kini layanan XL di kabupaten ini menjangkau sekitar 130 ribu pelanggan di 345 desa dan 27 kecamatan.

0 komentar:

Posting Komentar