Sabtu, 28 November 2009

Autodesk Maya, di Balik Animasi Astro Boy



Karakter komik Jepang Astro Boy baru saja menjajaki dunia perfilman dunia lewat film animasi terbarunya. Adapun untuk memproduksi film tersebut, studio film Imagi International Holdings Limited menggunakan software Autodesk Maya dari Autodesk, Inc.

Sebagai informasi, Maya merupakan komponen inti yang sering digunakan dalam proses pembuatan film animasi baik di Hong Kong maupun Hollywood.

“Kami memilih Autodesk Maya sebagai platform animasi untuk ‘Astro Boy’ karena keleluasaannya, perangkat kreatif, dan dukungan dari seniman-seniman handal,” kata Francis Kao, pendiri dan direktur kreatif Imagi Studios, pada keterangannya, 26 November 2009.

Kao menyebutkan, pihaknya bergantung pada fitur-fitur dalam Maya, dan programmer Imagi telah mengembangkan plug-in khusus untuk Maya agar mempermudah proses pembuatan animasi berkualitas tinggi.

Untuk pembuatan Astro Boy, Imagi Studios telah mengeluarkan investasi sebesar US$ 65 juta. Proses produksi film ini mencakup pembentukan konsep dan karakter, penulisan naskah serta desain awal yang dikerjakan oleh sebuah tim di Los Angeles. Adapun tim Hong Kong yang terdiri dari 400 seniman berkonsentrasi pada pembuatan model, tekstur, animasi, pencahayaan, rendering, dan tugas penggabungan.

Bisnis utama Imagi Studios sendiri adalah mengembangkan dan memproduksi film-film animasi komputer. Sebagai contoh, film Teenage Mutant Ninja Turtles yang dirilis tahun 2007 juga diproduksi Imagi menggunakan Maya.

Ketika itu, film tersebut mendapat peringkat pertama di box office Amerika Serikat dan merupakan kali pertama sebuah film animasi yang diproduksi di Asia mendapatkan raihan tersebut.

“Pada Astro Boy, simulasi dedaunan dikerjakan menggunakan efek-efek gambar software Maya bersamaan dengan plug-in internal kami,” kata John Mak, kepala technical operations di Imagi Studios. “Setelah menggunakan Maya selama bertahun-tahun, kami melihat kemajuan pesat dalam kapabilitas software ini. Maya telah membantu kami untuk memproduksi animasi berkualitas,” ucapnya.

0 komentar:

Posting Komentar