Sabtu, 28 November 2009

Konsumsi PC Indonesia Terbesar di ASEAN

Dari laporan lembaga riset IDC, Indonesia merupakan negara yang mengonsumsi PC terbanyak di Asia Tenggara. Sepanjang bulan Januari sampai September 2009, jumlah PC yang terjual di tanah air mencapai 2,25 juta unit.

Bahkan sampai akhir tahun 2009 mendatang, IDC memprediksikan, jumlah PC yang akan terjual di Indonesia bisa mencapai sekitar 3 juta unit.

“Salah satu yang mempengaruhi besarnya pasar PC di Indonesia adalah tingginya populasi penduduk di negeri ini,” kata Handoko Andi, Market Analyst IDC, di Jakarta, 25 November 2009. “Selain itu, penetrasi PC sudah sampai ke daerah-daerah di luar ibu kota,” ucapnya.

Menurut catatan IDC, sekitar 25 persen PC yang terjual di Indonesia merupakan PC rakitan. Adapun di posisi kedua, yakni sekitar 20,7 persennya adalah PC bermerek buatan HP. Laporan IDC Asia/Pacific Quarterly PC Tracker Q3/2009 juga menyebutkan, di Indonesia, dari sisi unit yang terjual, HP berhasil meningkatkan penjualan sebesar 70,2 persen dibanding kuartal sebelumnya.

Pada laporannya, IDC juga mencatat pertumbuhan penjualan notebook. Sebagai gambaran, pada awal tahun 2009, penjualan notebook masih di bawah penjualan PC desktop. Akan tetapi, pada akhir tahun, penjualan notebook sudah melampaui desktop.

0 komentar:

Posting Komentar