Sabtu, 28 November 2009

Mozilla Tambal Kekurangan Firefox

text TEXT SIZE :
Share
Rachmatunnisa - Okezone
(Foto: Xinhua)

BEIJING - Mozilla, perusahaan dibalik kepopuleran browser Firefox telah mengatasi sejumlah kekurangan dalam sistem keamanan browser besutannya.

Update Firefox tersebut telah dirilis pada awal minggu ini khusus untuk menambal kekurangan pada cara Firefox 3.0 dan program lainnya dalam menangani sertifikasi Verisign Secure Sockets Layer (SSL) yang digunakan untuk mengamankan sistem komunikasi online.

Xinhua, Kamis (6/8/2009), melansir beberapa waktu lalu ahli keamanan internet mengungkapkan, hacker bisa meniru sertifikasi SSL. Sertifikasi itu sejatinya digunakan oleh situs sebuah perusahaan untuk meyakinkan pengguna bahwa situs tersebut aman.

Dengan meniru sertifikasi SSL, hacker dapat dengan mudah mengelabui orang untuk menggunakan situs gadungan tersebut. Browser biasanya akan memblokir situs yang tidak memiliki sertifikasi.

Mozilla mengklaim, Firefox 3.0.13 telah mengatasi masalah ini. Sementara Firefox 3.5 telah lama dipersiapkan untuk melindungi pengguna internet dari serangan ini. Namun, update terbaru browser 3.5.2 selain mengatasi masalah dalam SSL juga bisa melindungi pengguna dari kerentanan keamanan lain termasuk javascript bug yang berpotensi memungkinkan pengguna secara tidak sadar menginstal virus.

"Kami sangat menganjurkan agar semua pengguna Firefox meng-upgrade rilis terbaru ini," kata juru bicara Mozilla.

Browser internet kini secara bertahap selalu mengupdate dan memperbaiki kekurangannya seiring dengan semakin cerdiknya hacker dalam mencari celah untuk membobol sistem keamanan internet dan komputer dengan berbagai cara termasuk melalui browser.

0 komentar:

Posting Komentar