Sabtu, 28 November 2009

Intel Siapkan Prosesor Atom Generasi Baru




Prosesor apa yang biasanya mengotaki sebuah netbook? Umumnya, bila bukan Intel Atom N270, ya Intel Atom N280.

Namun, itu mungkin tidak akan berlangsung lama. Pasalnya, Intel berencana untuk melakukan perubahan besar-besaran terhadap prosesor-prosesor Atomnya, sejak pertama kali dikenalkan ke publik musim semi 2008. Perusahaan prosesor itu telah menyiapkan platform teknologi yang dinamakan 'Pine Trail'

Pada platform baru itu, Intel akan memasukkkan fungsi grafis ke dalam prosesor Atomnya, yang sebelumnya fungsi itu dilakukan oleh sebuah chip yang terpisah dari prosesor.

"Dengan prosesor ini, pengguna akan menikmati usia baterai yang lebih panjang, dan kinerja yang lebih baik," ujar Intel Executive Vice President Sean Maloney, dikutip dari situs Cnet.

Bahkan beberapa vendor komputer juga telah menyiapkan produk netbook terbaru mereka dengan prosesor Intel Atom terbaru ini, yang siap diluncurkan di pameran elektronik terbesar, Consumer Electronic Show, yang akan digelar pada awal tahun depan.

HP misalnya, telah berhenti menjual netbook model Mini 5101 dan menyiapkan netbook model baru. Begitu pula dengan Dell. "Anda bisa menantikan Dell akan segera menawarkan produk netbook yang memiliki prosesor Atom generasi terbaru," ujar juru bicara Dell, kepada Cnet, Senin pekan lalu.

Tak hanya HP dan Dell, vendor-vendor lain, seperti Acer, Asus, Toshiba, maupun MSI juga melakukan hal yang sama. Salah satu prosesor Atom anyar Intel memiliki kecepatan 1.66GHz rumornya bakal diberi nama N450. Setelah ini, akan muncul pula versi yang lebih cepat, yaitu 1.83GHz dengan nama N470.

Netbook adalah laptop berukuran kecil yang dirancang untuk bisa berselancar internet, serta melakukan tugas-tugas yang relatif lebih ringan ketimbang laptop biasa.

Belakangan, netbook menjadi begitu populer, karena modelnya yang lebih portabel dan harganya yang lebih murah.

0 komentar:

Posting Komentar