Senin, 28 Desember 2009

Film Perdana Avatar di AS Raup US$ 27 Juta

Gelombang pemutaran film Avatar juga menggetarkan Asia dan meraup Rp 521,4 miliar.
VIVAnews - Film fantasi terbaru garapan James Cameron, Avatar, berhasil menembus pendapatan sebesar US$ 27 juta (sekitar Rp 256 miliar) pada pemutaran perdananya di Los Angeles, Amerika Serikat.

Gelombang pemutaran film Avatar juga menggetarkan negara Asia dan mencetak rekor pendapatan Rp 521,4 miliar pada pemutaran perdana.

Pendapatan film Avatar itu menyamai pendapatan pekan pertama film I Am Legend yang dibintangi Will Smith. Rekor hari perdana Avatar melampaui pencapaian film naratif Cameron sebelumnya, Titanic, pada 1997. Film ini menggemparkan dunia sejak pekan pertama pemutarannya.

Titanic mengawali debut pekan pertamanya dengan meraup Rp 193,2 miliar dan tetap bertahan pada jejeran teratas film dunia selama berbulan-bulan. Pemutaran film dengan bintang Leonardo Di Caprio menembus rekor domestik di Amerika Serikat hingga Rp 4,1 triliun (US$ 427,6 juta).

Berlatar belakang abad ke-22, Avatar menggabungkan gambar asli dan animasi. Film ini diperankan karakter utama, Sam Worthington sebagai Jake Sully.

Mantan prajurit marinir AS ini menggantikan saudara kembarnya untuk pergi ke Pandora, sebuah satelit berukuran bumi yang kaya mineral bernilai tinggi.

Dengan menggunakan tubuh hasil kloning, Jake Sully dengan tubuh Avatarnya hidup dengan suku asli dan kebudayaan bangsa alien itu.

Perlahan, Jake memahami kebudayaan dan bahkan jatuh cinta dengan salah satu putri ketua suku, Neytiri (Zoe Saldana). Konflik antara manusia dan alien sarat konflik serta sindiran yang di antaranya menggambarkan perilaku manusia yang merusak alam. (AP)

arinto.wibowo@vivanews.com

0 komentar:

Posting Komentar